Selasa, 11 Agustus 2009

Tentena Dijaga Ketat

Selasa, 11 Agustus 2009

POSO – Pelaksanaan Festival Danau Poso (FDP) di Tentena dijaga ketat polisi. Sedikitnya 308 personil Kepolisian Resort Poso disiagakan untuk mengamankan FDP ke-12 yang dibuka Sabtu (8/8) sore oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik. FDP dipusatkan di pinggiran danau di Kelurahan Tentena, Kecamatan Pamona Utara.
Kosentrasi pengamanan dilakukan di Tentena, sekira 65 kilometer sebelah selatan Kota Poso. FDP berlangsung tiga hari hingga Selasa (11/8) besok.
Kepala Bagian Operasi Polres Poso AKP Baitul Manaf mengatakan, sistem pengamanan dilakukan secara terbuka dan terutup. Untuk pengamanan terbuka polisi disiagakan di sudut-sudut kota Tentena termasuk melakukan pemeriksaan di tiga titik.
Titik pertama berada di pintu gerbang memasuki Kota Tentena. Pintu gerbang tersebut merupakan satu-satunya pintu gerbang keluar-masuk orang-orang di Tentena. Pemeriksaan kedua dilakukan di pintu gerbang arena FDP. Sedangkan pemeriksaan ketiga dilakukan terhadap pengunjung yang berada di arena FDP.
Dua pekan sebelum pelaksanaan FDP ini, polisi tidak menemukan indikasi ancaman akan terjadinya gangguan keamanan menyusul situasi Poso yang dari tahun ke tahun berjalan aman dan damai. “Dari kajian polisi tidak menemukan ancaman gangguan keamanan. Kita berharap, pelaksanaan FDP ini berjalan aman,” kata Manaf.
FDP mulai digelar kembali pada tahun 2007 setelah hampir 10 tahun mati suri sejak Poso dilanda kerusuhan. Dalam ajang pariwisata tahunan itu akan digelar berbagai tampilan kesenian dan kebudayaan yang berasal dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Sulteng.
Kegiatan tersebut, di antaranya, lomba musik bambu, lomba menangkap ikan sidat (ikan khas Danau Poso) dan beberapa olahraga yang berlangsung di Danau Poso. Selain itu, juga terdapat pemilihan putra-putri Duta Wisata Sulteng yang akan diumumkan pada malam penutupan. Sukses FDP juga akan mengangkat citra keamanan Sulawesi Tengah terutama Poso guna menarik wisatawan untuk berkunjung di sejumlah obyek wisata yang berada di Sulawesi Tengah.(bandi)

Tidak ada komentar: